Pages

Rabu, 10 Oktober 2018

Pengantar Bisnis Informatika


  • Pengertian Bisnis, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan Bisnis Informatik
Bisnis adalah segala dan keseluruhan kompleksitas yang ada pada berbagai bidang seperti penjualan(ecommerce) dan industry. Seperti industry manufaktur, perbankakan, transportasi dan lain-lain yang kemudian melayani dan memasuki secara utuh dunia bisnis (Hooper).

TIK adalah kebutuhan manusia didalam mengambil & memindahkan, mengolah & memproses informasi dalam konteks social yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat (Eric Deeson).

Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi  disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet. Tidak dapat dipungkiri,  Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir-akhir ini. Intenet sudah mengalami pergeseran di dalam kebutuhan masyarakat. Dahulunya, internet merupakan kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang mewah bagi sebagian masyarakat. Di zaman ini, kebutuhan internet sudahlah menjadi kebutuhan sekunder bahkan primer. Hal ini dikarenakan perkembangan pola pikir dan hidup masyarakat ditambah maraknya teknologi muktahir yang memungkinkan pencapaian informasi yang mudah didapat dan cepat. Akses internet pun kian mudah didapatkan. Hal ini mendorong para pebisnis untuk memanfaatkannya dengan beragam cara untuk memajukan usahanya.

  • Jenis-jenis Bisnis Informatika
1. Produk

Hardware / Perangkat Keras
Adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadap hardware/perangkat keras.

Software / Perangkat Lunak
Adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak. 

2. Jasa

Software House ( pembuatan software sesuai permintaan )
Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikan software, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/ selling products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera (cctv / webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha ( Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).

E-commerce ( jual-beli online )
E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).

Infrastruktur Komputer
Adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.

IT consultant
menangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.

  • Contoh Perusahaan Bisnis Informatika
Dalam topik Bisnis Informatika ini lah, saya akan membahas salah satu perusahaan yang bergerak dalam bisnis informatika yaitu go-jek.com .

GO-JEK adalah merupakan perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri transportasi Ojek. GO-JEK bekerjasama  dengan para pengendara Ojek berpengalaman di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan lebih dari 50 Kota Besar lainnya serta menjadi solusi utama dalam pengiriman barang, pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan.

GoJek Indonesia berdiri pada tahun 2011 sebagai social enterpreneurship inovatif untuk mendorong perubahan sektor transportasi informal agar dapat beroperasi secara profesional. Manajemen GoJek menerapkan sistem bagi hasil dengan lebih dari satu juta pengemudi ojek yang saat ini berada di bawah naungan GoJek dan tersebar di seluruh Indonesia. Pembagiannya adalah, 80% penghasilan untuk pengemudi ojek dan 20%-nya untuk GoJek.

Hadirnya perusahaan penyedia layanan transportasi online Go-Jek ternyata turut berdampak positif terhadap perekonomian negara. Ini terbukti dari riset yang dilakukan Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI).
Dalam riset mengenai dampak aplikasi Go-Jek terhadap perekonomian Indonesia itu, dipaparkan jika perusahaan yang kini bertransformasi jadi penyedia layanan on-demand itu mampu menyumbangkan Rp 9,9 triliun per tahun bagi perekonomian nasional.
Angka tersebut diraih melalui penghasilan mitra pengemudi Go-Jek sebesar Rp 8,2 triliun per tahun, ditambah dengan Rp 1,7 triliun pendapatan per tahun yang dihasilkan melalui mitra Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dari Go-Jek.

Sumber :
https://masdimkhanza.wordpress.com/2016/10/08/pengantar-bisnis-informatika/
http://dinamiranda.blogspot.com/2010/10/jenis-dan-tipe-bisnis-di-bidang-tik_05.html
http://seputarpengertian.blogspot.com/2015/07/pengertian-go-jek.html
https://kumparan.com/@kumparantech/go-jek-sumbang-rp-9-9-triliun-per-tahun-untuk-ekonomi-indonesia
https://www.akirameru.com/jumlah-pengemudi-gojek-sudah-tembus-lebih-dari-1-juta-pengemudi/



0 komentar:

Posting Komentar