Pengertian Desain & Pemodelan Grafik
Desain pemodelan grafik merupakan
suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan
melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan
citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata, yaitu “Desain”,
“Pemodelan”, “Grafik” dengan memiliki arti sbb :
Desain : Seni terapan, arsitektur dan pencapaian
kreatif lainnya.
Pemodelan : Pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau
dirancang.
Grafik : Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf,
symbol dan gambar dengan
melakukan proses pencetakan.
Desain Grafik : Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan,
ruang dan gambar. Bidang ini merupkan
bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis
mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.
Prinsip dan Unsur Desain Grafik
Unsur – unsurnya
:
Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang
menghubungkan satu titik poin dengan titik poin lainnya sehingga bisa berbentuk
gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
Bentuk (Shape)
Bentuk adalah sesuatu yang memiliki
diameter tinggi dan lebar.
Huruf (Character)
Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk
visual yang dapat digunakan untuk membentuk sebuah tulisan sebagai Bahasa
verbal dengan bentuk visual langsung seperti A, B, C dll.
Simbol (Symbol)
Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk
visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat dipahami secara
umum sebagai lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata. Misalnya
gambar orang, bintang, bulan matahari dalam bentuk symbol. Bukan dalam bentuk
nyata (dengan detail).
Bentuk Nyata (Form)
Bentuk ini nyata dan mencerminkan kondisi
fisik dari suatu obyek. Seperti gambar manusia secara detail, hewan dan benda
lainnya.
Tekstur (Texture)
Teksture adalah tampilan permukaan dari
sutau benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk
dengan bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur utnuk memberi efek estetika
desain dan dinamika desain grafis.
Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang
mendefinisikan besar kecilnya suatu objek.
Warna (Color)
Dengan warna orang bisa menampilkan
identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual
secara jelas.
Prinsipnya :
Kesederhanaan
Banyak pakar desain grafis menyarankan
prinsip ini dalam pekerjaan desain.
Keseimbangan
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan
antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang
secara visual.
Kesatuan
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi,
ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi.
Penekanan
(Aksentuasi)
Dimaksudkan untuk menarik perhatian
pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
Irama (Repetisi)
Irama merupakan selisih antara dua wujud
yang terletak pada ruang serupa dengan interval waktu antara dua nada music
beruntun yang sama.
Perkembangan Desain Grafik dari Berbagai Media
Pada awalnya media desain grafis hanya
terbatas pada media cetak dwi matra (dua dimensi). Namun, perkembangannya
semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia
(diantaranya audio dan video). Desain grafik juga diterpkan dalam media elektronik
yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain.
Desain grafik bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup
pengolahan ruang.
Pengaruh Kebudayaan & Teknologi dalam Membuat Desain Pemodelan
Grafik
Keberadaan desain pemodelan grafik
sangatlah dipengaruhi oleh budaya dan teknologi berkembang di masyarakat. Salah
satunya adalah ide, banyak sekali ide yang dihasilkan untuk desain grafik
berasal dari budaya yang ada dilingkungan sekitar. Tak sedikit pula budaya
Indonesia digunakan sebagai desain grafik. Contohnya adalah kerajinan kain
daerah seperti batik dan tenun, keramik, gerabah dan masih banyak yang lainnya.
Kerajinan tradisional daerah merupkan warisan turun-temurun dari nenek moyang yang sangat indah untuk djadikan sumber pemikiran kreatif dalam melakukan pembuatan desain grafik. Dengan berkembangnya teknologi ini, maka semakin mudah bagi generasi muda saati ini untuk menciptakan karya desai grafis dengan waktu yang relatif singkat dan banyak desain yang akan dihasilkan sehingga akan lebih efisien dalam waktu dan segalanya.
Pengaruh lain dari budaya dan teknologi dalam desain pemodelan garfis adalah periklanan. Pemilih iklan harus mengetahui peran yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas social pembeli. Budaya adalah penyebab paling mendasar dari keinginan perilaku seseorang. Budaya merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan san perilaku yang dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
Bidang Studi yang berkaitan dengan Desain Pemodelan Grafik
Pendidikan
Grafik computer pada pendidikan digunakan
untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power
point atau software lainnya. Dengan metode ini diharpakan tidak hanya teori
saja tetapi dapat pula melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa
penggambaran bidang, ruang, grafik, gambar kerangka manusia, susunan tubuh
manusia dan sebagainya.
Hiburan
Tidak dipungkiri pada saat ini semua acara
hiburan di televise banyak menggunakan grafik computer. Mulai dari film kartun,
iklan, sampai sinetron sekalipun sudah diselipi oleh rafik computer. Grafik
computer ini berupa efek animasi yang dapat membuat fim semakin menarik.
Budaya
Desain pemodelan grafis dalam hal-hal
budaya dapat dilihat pada pahatan bayu-batu candi di Indonesia, tenun dan
desain gambar pada batik.
Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini
dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh system manusia dengan computer pada
struktur lingkungannya.
Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia)
dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia dengan computer, dimana
interakisi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada, contohnya pada kantor.
Antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti,
interaksi tim dengan system computer. Contohnya tim kerja desain, kelompok
penulis dll.
Ergonomic
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek
fisik dari pencocokan mesin ke manusia, serta didukung suatu data antropometrik
yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan
ketik computer dan layar monitor dengan aspek fisik dari alat-alat antarmuka
antara manusia dan mesin.
Perkembangan Desain Pemodelan Grafik dalam Berbagai Bidang
Bidang Pendidikan : Tentunya digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada
grafik secara
nyata.
Bidang Perancangan : Digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat
misalnya digunakan untuk membuat arsitektur bangunan,
desain kendaraan dan lainnya.
Bidang Teknologi : Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya. Teknologi mempengaruhi bagaimana
desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi
perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan.
Bidang Hiburan : Seperti yang sudah dibahas sebelumnya yaitu berguna
pada acara televise seperti
iklan, film kartun bahkan sinetron menggunakan desain
grafis agar tampilannya tampak lebih menarik.
0 komentar:
Posting Komentar