Pages

Senin, 23 Oktober 2017

Pemakaian Desain Grafis Dalam Advertising / Periklanan

A.Pengertian Desain Grafis

Pertama, desain grafis jangan disamakan dengan seseorangyang ahli mendesain dengan komputer grafis (komputerhanyalah salah satu alat yang kini banyak dimanfatkandesainer grafis. Seandainya seluruh komputer di dunia ini
Crash , profesi desain grafis tetap eksis. Desainer grafis dapatmendesain dengan tangannya, dengan jangka, dengan kamera,dengan gunting, lem dan cutter dllsbgnya). Kedua, dalam sejarah Desain Grafis, Istilah dan profesi desaingrafis telah hadir sebelum komputer ada di dunia ini. Istilah Graphic Design di cetuskan oleh WA Dwiggins sekitar tahun1920. Dwiggins sendiri adalah seorang desainer buku.Almarhum Philip B Megs pengarang History Of Graphic Design ,bahkan memulai sejarah desain grafis dari era lukisan gua.Diduga keras Lukisan gua, gambar gambar Mesopotamia kuno,gambar dan Hieroglyph di makam Firaun dalam berbagaiPiramida di Mesir merupakan aktivitas komunikasi visual/desain grafis. Yakni upaya manusia secara terencara,berkomunikasi melalui gambar dan tulisan, untuk mencapaitujuan/maksud tertentu. Karena itu orang sering juga menyebutdesain Grafis dengan Desain Komunikasi Visual (DKV). Dari pengamatan saya ada 2 kubu. Kubu Pertama, menganggap Desain Grafis itu hanya melingkupi dunia percetakan (Print Graphics). Ada beberapa sekolah di Amerika yang mengkhususkan dan mengaitkan desain grafis dengan desain.


media cetakan. Ini terlihat dari definisi sekolah tersebut tentangdesain grafis.Kubu kedua, memahami istilah Desain Grafis sama dengan DKV, istilah ini dapat dipakai bergantian. Jika kita membacaberagam buku desain grafis, membaca di Internet, undanganuntuk entri kompetisi desain grafis dan seminar seminar, makaDesain Grafis ternyata juga meliputi Environmental Graphics (Signage), Motion Graphics (Animasi). AIGA, semacam asosiasidesainer grafis di Amerika yang berpengaruh besar, menurutpengamatan saya sejauh ini masih senang menggunakan graphic desain dalam pengertian luas tadi. Bahkan ICOGRADA sendiri, yang menganggap istilah graphic design sudah kurang mewakili profesi komunikasi visual yang terus berkembang danberupaya menggantikannya dengan istilah lain, masih tetapmemakai istilah graphic design dalam situsnya dan tidakmenghapus kata graphic design yang terkandung dalam kata ICOGRADA itu sendiri .Sebagai penutup saya kutip pendapat Paul Rand (desainergrafis, educator, seorang empu Desain Grafis kelas dunia asal Amerika). Desainer Grafis adalah seseorang  pencipta gagasan yang biasanya diungkapkan melalui gambar dan huruf , tujuannya untuk memecahkan problem komunikasi visual 
.

Sedikitnya ada 5 fungsi desain komunikasi visual/desain grafis. Pertama, Informasi yakni menyampaikan pesan secara jelasdan jernih.Desain membuat sesuatu mudah dipahami, tidakmenyesatkan. Ini diterapkan dalam desain rambu lalu lintas,desain rambu gedung (signage) di bandara misalnya. Jugadalam desain peta, diagram, infographic. Di Barat, desainergrafis yang mengkhususkan diri di bidang ini menyebutnyasebagai information architec, sedang disiplin ilmunya adalahinformation graphic.Di motori oleh Richard Saul Wurman.

Kedua, Identitas yakni membuat sesuatu itu memilikikarakter/kepribadian unik sehingga ia diingat dan dikenal,bahkan disukai orang. Sesuatu disini bisa pribadi (personalidentity) atau Institusi (Corporate Identity). Contoh desainnyaadalah Logo, Stationary, Publikasi, dan penerapan identitaspada beragam media lainnya. Proses desainnya bisa dilakukandengan mencari ciri khas perusahaan itu, atau menciptakansuatu image baru. Seperti yang dilakukan Universitas Maranatha dengan Lomba Mascotnya. Ketiga, Fungsi Edukasi. Desain mendidik. Educare berartimenarik keluar dari ketidak tahuan menjadi tahu, dari tidakmampu menjadi mahir. Coba hapus peran edukasi desain grafisini, maka kita akan mendapati betapa membosankannyamembaca buku pelajaran, betapa melelahkannya belajar,betapa lambatnya kita belajar. Gambar Ilustrasi dalam berbagai jenjang pendidikan dalam dalam berbagai cabang ilmu sangatmembantu kita mempelajari suatu ilmu.Lay Out/Tata letak yangbaik, pemilihan huruf yang tepat akan membuat belajar ituterasa menyenangkan.Keempat, Fungsi Rekreatif> Selain berfungsi memberi informasi, identitas dan edukasi, desain grafis dapat pulasekedar menyenangkan, menyejukkan mata, mengakrabkan suasana atau memperindah lingkungan. Kritikus Desain Grafisterkemuka Steven Heller menyebutnya sebagai Entertainmen Graphics. Di sekitar kita banyak bidang kosong yang perlus entuhan semacam ini. Badan mobil, motor, bis diisi garis danbidang menarik. Tembok kosong, lantai luas super mall, atappabrik raksasa, semuanya perlu sentuhan grafis jenis ini(supergraphic)Kelima, Fungsi Persuasi. Artinya membujuk. Di sini gambar danhuruf dimanfaatkan untuk membujuk orang agar menganut ideologi tertentu (propaganda), membeli suatu produk/jasa/gagasan tertentu (periklanan). Iklan Produk sudah jelas dipahami. Iklan Jasa contohnya adalah iklan Bank,asuransi, DHL, FedEx dsbya. Selain itu iklan dapat pula dilihatdari pebagian ILM (iklan layanan Masyarakat) yang bersifatsosial dan IBK (Iklan Bertujuan Komersial). Apapun bentuknya,semua perlu sentuhan desain grafis.Tokoh Periklanan dunia antara lain Ogilvy, Leo Burnet, Claude Hopkins, Bernbach.



0 komentar:

Posting Komentar